Masyarakat dunia pada awal tahun 1900, menyaksikan kelahiran dan perkembangan sebuah bentuk seni yang baru lewat film bisu. Perkembangan teknologi menghantarkan kita untuk menemukan dimensi-dimensi baru dalam film, sampai dengan dtemukannya teknologi suara. Namun, Aki Kaurismäki, Jacques Richard dan Alexander Sakurov, mereka menyajikan sesuatu yang berbeda yaitu kembali kepada romantisme film bisu lewat karya-karya mereka dipenghujung tahun 90an, yang akan kami tampilkan lewat pemutaran kineforum di bulan Agustus ini dengan tema “Long Live Silent Cinema” dalam program Kinefilia.

Program kineforum yang hanya berlangsung dua minggu di awal bulan Agustus ini, juga akan memutarkan kembali Sinema Dunia, Milestones, karya Robert Kramer dan John Douglas yang sudah dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia oleh kawan-kawan Forum Lenteng, untuk para pecinta film yang belum sempat menonton film ini di akhir Juli lalu.

Dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional setiap 12 Agustus, kineforum kembali mendukung program Jalan Remaja 1208 yang dikelola oleh Yayasan Kampung Halaman. Program ini memutarkan karya-karya remaja melalui media berbasis komunitas yang dibuat oleh remaja dari berbagai komunitas di Indonesia. Info selengkapnya http://www.jalanremaja1208.org/

Selamat menonton!