Sampai Jumpa Lagi, Elida!

Sampai Jumpa Lagi, Elida!

13 September 2011. Kami mendapat kabar bahwa seorang sahabat terbaik kami, Elida Tamalagi, meninggal dunia pada pukul 15.09 di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Segenap teman-teman Kineforum dan Dewan Kesenian Jakarta, turut berduka cita atas kepergiannya..

Patricia Elida Tamalagi. Perempuan kelahiran 1981 ini identik dengan nama Kinoki, sebuah komunitas film dan bioskop alternatif yang ia rintis di Yogyakarta pada tahun 2005. Ia juga menjadi programmer di Konfiden sejak tahun 2007. Elida terlibat sebagai produser, penata artistik, dan penanggung jawab pemain pada film Kuda Laut. Film yang diproduksi pada tahun 2009 itu sempat diikutkan kompetisi SEA Shorts Program Cinemanila International Film Festival 2009. Pada tahun 2010, ia mengikuti Berlinale Talent Campus, di Berlin, Jerman.

Elida juga merupakan sosok yang turut mendampingi tumbuh-kembangnya Kineforum. Kineforum sering melakukan kerja sama dengannya. Ia pernah mengisi program Jogja on My Mind pada Bulan Film Nasional 2008. Lalu, pada Juli 2009, ia membuat program Syair dan Syiar untuk Kineforum, yang merupakan retrospektif Rhoma Irama! Tidak sampai di situ. Pada tahun lalu, tepatnya Agustus 2010, ia berbagi dan mengajak berkenalan dengan film-film Asia Tenggara lewat programnya SEA Scope. Kami juga pernah terlibat bersama dalam sebuah acara yang dikerjakan Kineforum, IVAA, dan Kinoki.

Terima kasih, Elida, untuk semua dukungan dan kebersamaan yang hangat dengan Kineforum.. Sampai kita jumpa lagi!

Beberapa tautan wawancara dengan Elida yang dibuat oleh Jurnal Footage.

1) “Elida Tamalagi: Tawar Menawar Wacana di Bioskop Alternatif” ditulis oleh Mirza Jaka Suryana pada Selasa, 12 Agustus 2008, pukul 03:38

2) “Filem! Apa itu? Komunitas Filem.” ditulis oleh tim Jurnal Footage pada Kamis, 1 April 2010, pukul 16:17

Sumber: www.kineforum.wordpress.com